NGAWI | INTIJATIM.ID – Komitmen pemerintah untuk menyediakan layanan terpadu bagi masyarakat kembali dibuktikan lewat diresmikannya Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kabupaten Ngawi Jawa Timur. Pelayanan Publik ini merupakan MPP ke-207 yang berdiri di seluruh Indonesia.
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas mengingatkan, bahwa pesan utama dari pendirian MPP adalah pengintegrasian pelayanan, bukan hanya sekadar fisik gedung yang megah.
“MPP ini kan gedung, tapi sebenarnya rohnya, spiritnya adalah pengintegrasian layanan, maka harus benar-benar terlihat perbedaan. Dampaknya rakyat menjadi lebih cepat, mudah, lebih murah, dan transparan saat mengurus pelayanan publik,” ujar MenPAN-RB, saat memberikan arahan dalam Peresmian MPP Kabupaten Ngawi, pada Kamis (27/06/2024).
Selain itu, Azwar Anas juga mengapresiasi Pemkab Ngawi yang telah menyediakan ruang yang proporsional untuk mengakses berbagai layanan di satu tempat. Ia mengajak Pemkab Ngawi untuk terus bertransformasi lewat peningkatan tata kelola Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).
Menurutnya, perbaikan ekosistem pelayanan publik yang terfokus pada empat aspek, yaitu direct services, mobile services, self services, dan elektronic services. Anas menegaskan, pemerintah sebagai penyedia layanan harus menyiapkan langkah ke depan dengan menyediakan layanan berbasis digital selain direct service yang telah ada.
“Mudah-mudahan di Ngawi ini jadi model bagi teman-teman di sekitar Ngawi, sehingga nantinya bisa memberikan pelayanan yang berdampak, dan kalau disurvei masyarakatnya akan meningkatkan kepuasannya,” ungkapnya.
Pj. Gubernur Jawa Timur yang diwakili Kepala Badan Koordinasi Wilayah Pemerintahan dan Pembangunan (Bakorwil) I Madiun R. Heru Wahono Santoso menyampaikan, peresmian MPP di Ngawi merupakan wujud komitmen yang tinggi untuk menyediakan layanan prima bagi masyarakat. Selain itu, Pemprov Jatim menargetkan, semua kabupaten/kota di wilayahnya untuk segara memiliki MPP atau MPP Digital.
“Ekspektasi masyarakat pada layanan birokrasi semakin tinggi, maka sebagai birokrat kita harus bisa meningkatkan layanan sesuai ekpektasi tersebut. Layanan tidak hanya harus cepat tapi juga transparan, murah, mudah, dan tidak berbelit-belit,” terang Pj Gubernur Jatim.
Saat ini telah terdapat 207 MPP dan 23 MPP Digital yang telah tersebar di seluruh Indonesia. Di Provinsi Jawa Timur telah dibangun sebanyak 30 MPP, termasuk MPP Kabupaten Ngawi.
Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono menjelaskan, MPP Kabupaten Ngawi sudah melakukan soft launching dan mulai beroperasi pada 11 Desember 2023 lalu. Pada awalnya MPP ini baru menyediakan 60 jenis layanan dari 20 instansi.
“Kami berkomitmen untuk menambah layanan dan dengan kolaborasi dari berbagai instansi. Saat ini masyarakat di Ngawi bisa mengakses 152 layanan dari 39 instansi pemerintah,” jelasnya.
Selain memberikan pelayanan yang beragam, MPP Kabupaten Ngawi juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti ruang laktasi, pojok baca digital, pojok bermain anak, ruang pengaduan, akses yang baik bagi penyandang disabilitas, dan sebagainya. Pada gedung MPP ini juga tersedia co-working space yang dapat dimanfaatkan masyarakat, kafe, serta sentra UMKM dari berbagai penjuru Kabupaten Ngawi.
“Yang spesial dan membedakan antara MPP Ngawi dengan lainnya adalah, ini baru pertama kalinya di Indonesia seluruh pelayanan BPJS Kesehatan telah dipindahkan dan ditempatkan seluruhnya di MPP. Jadi harapannya ini bisa maksimal memberikan layanan,” paparnya.
Pemkab Ngawi juga menggenjot layanan dan kinerja pemerintahannya lewat transformasi digital. Pun melakukan pemangkasan proses bisnis dan kedepan seluruh aplikasi akan diinteroperabilitaskan, dan tidak ada lagi satu inovasi satu aplikasi.
“Kami telah memangkas 180 aplikasi menjadi sekitar 60 aplikasi saja. Target kami untuk menginteroperabilitaskan semakin banyak lagi supaya jauh lebih ringkas dan memudahkan masyarakat mengakses layanan berbasis digital,” pungkasnya. (Mei)