BPRS Magetan Luncurkan Aplikasi “SYAR INK”, Fokus Digitalisasi dan Peningkatan Layanan
MAGETAN | INTIJATIM.ID – Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Magetan, secara resmi meluncurkan produk inovatif berupa tabungan arisan syariah dan aplikasi mobile banking (M-Banking). Langkah ini merupakan bagian dari upaya Perusahaan Perseroan Daerah (Perseroda) untuk mendukung program digitalisasi perbankan dan meningkatkan pelayanan kepada nasabah.
Peluncuran aplikasi “SYAR INK” ini menandai babak baru bagi BPRS Magetan, meskipun aplikasi M-Banking tersebut ditargetkan bakal dipasarkan secara luas pada tahun 2026 mendatang.
Direktur Utama BPRS Magetan, Endah Kundarti menjelaskan bahwa, inovasi M-Banking ini untuk memberikan kemudahan kepada nasabah melalui aplikasi, nasabah tidak perlu lagi datang langsung ke kantor bank untuk melakukan berbagai transaksi atau pengecekan informasi.
“Segala informasi terkait produk dan program BPRS Magetan sudah berada dalam Aplikasi M-Banking ini. Semua produk BPRS, termasuk pinjaman, deposito, dan tabungan, akan terangkum dalam satu aplikasi M-Banking,” jelasnya, Jumat (12/12/2025).

Endah berharap, kemudahan layanan yang ditawarkan melalui digitalisasi ini akan meningkatkan kepercayaan nasabah. Pun, meningkatkan jumlah saldo penglolahan keuangan di BPRS Magetan.
”Harapannya, dengan kemudahan-kemudahan yang kita berikan ini, nasabah semakin percaya kepada kita, sehingga akan menambah saldo, kepercayaan untuk menabung maupun deposito,” ujar Endah, usai peluncuran aplikasi M-Banking ” Syar Ink” di Ruang Jamuan Pendopo Surya Graha Magetan.
Saat ini, implementasi M-Banking masih memiliki keterbatasan dalam fitur transaksi. Untuk tahap awal, fitur Q-RIS (Quick Response Code Indonesian Standard) yang tersedia hanya berlaku antar-nasabah BPRS Magetan saja.
”Untuk pertama kalinya ini memang keterbatasan, karena hanya bisa digunakan oleh internal antar BPRS saja,” ungkapnya.
Sementara itu, Bupati Magetan, Endang Rusminiarti, secara resmi melaunching Mobile Banking ini di Ruang Jamuan Pendopo Surya Graha. Ia pun menyampaikan dukungannya dalam upaya peningkatan pelayanan BPRS Magetan, dengan inovasi digital dalam mempermudah masyarakat terkait urusan perbankan.
“Meskipun demikian, dengan adanya M-Banking ini setidaknya dapat memfasilitasi transaksi bagi komunitas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang merupakan nasabah BPRS Magetan,” pungkasnya. (Red/IJ)
![]()



Post Comment