Magetan | Intijatim.id – Bupati Magetan, Dr. Drs. H. Syprawoto, SH. M.Si., menyerahkan piagam penghargaan dari Kementerian PANRB kepada Dinas PMPTSP dan Disdukcapil Kabupaten Magetan, sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Prima tahun 2022.
Penghargaan tersebut diserahkan Bupati Magetan, usai Apel Pagi dalam rangka memperingati MPP (Mal Pelayanan Publik) yang ke-3 tahun, bersama seluru Kepala OPD, instansi terkait, dan puluhan ASN di lingkup Pemkab Magetan. Bertempat di halaman MPP, lantai 2 Pasar Baru Magetan Jawa Timur, Senin (16/1/2023).
“Rasanya gak mungkin Magetan bisa membuat Mal Pelayanan Publik, tapi alhamdulillah, berjalanya waktu Magetan bisa mewujudkannya, sehingga menjadi kabupaten urutan ketujuh seJawa Timur, dan pertama di karisidenan Madiun. Bahkan sekarang sudah berusia tiga tahun,” kata Bupati Suprawoto, dalama sambutan apel pagi di halaman MPP Kabupaten Magetan.
Selain itu, dalam usia yang ke 3 tahun 2022 ini, MPP Magetan juga mendapatkan penghargaan sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik dengan Kategori Prima. Menurut Bupati Magetan, sebagai pelayan masyarakat, pemerintah juga harus mengikuti perkembangan zaman dan teknologi digitalisasi yang cepat. Yaitu kecepatan, networking dan jejaring sosial.
“Ini bagus. Maka dari itu, kepada seluruh instansi pendukung, diusianya ke tiga tahun ini mari kita mengikuti perkembangan zaman dan teknologi, dan MPP hadir di Magetan adalah untuk melayani masyarakat,” ungkap Bupati Suprawoto, Senin (16/1).

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Magetan Sunarti Condrowati mengatakan bahwa, sesuai harapan dari pemerintah pusat, pengunjung di MPP Magetan semakin tahun harus tidak meningkat, tapi menurun. Karena pelayanan sudah terhubung dengan digital, dan bisa dari rumah melalui online.
“Pada prinsipnya pengunjung MPP masih tinggi, dalam sehari masih mencapai 250 pengunjung. Bagaimanapun Magetan berbeda dengan kota besar yang IT aja cukup, akan tetapi Magetan perlu kita pandu, kita fasilitasi dan juga kita dampingi,” jelas Sunarti Condrowati.
Hingga saat ini, Condrowati menambahkan, MPP Magetan telah menyediakan sebanyak 278 jenis pelayanan, dengan instansi yang tergabung sebanyak 28 instansi. Mulai dari pelayanan pemerintah pusat, daerah, kepolisian, hingga Badan Usaha Milik Negara dan Daerah atau BUMN/D.
”Pada tahun 2023 ini, kita juga menyiapkan pojok baca, dimana bila masyarakat mau menjadi anggota perpustakaan bisa langsung datang ke MPP, kita siapkan tempat dan perlengkapannya. Kedepan kita akan berkoordinasi dengan instansi-instansi lainnya, dalam melengkapi pelayanan yang dibutuhkan masyarakat,” tutup Kepala DPMPTSP Magetan. (Ren/Red)